Kamis, 29 Maret 2012

brosur tentang "Pendaftaran Peserta Didik Baru SMK Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013"

Menggabungkan Gambar 2D ke Dalam Sajian Multimedia
·                     buat brosur tentang "Pendaftaran Peserta Didik Baru SMK Negeri 1 Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013"
·                     buat dengan software pengolah gambar vektor
·                     buat 3 kolom dalam satu halaman
·                     buat dengan ukuran kertas A4 
·                     print menggunakan kertas HVS 80 gram bolak balik
·                     kumpulkan pada waktu pertemuan pertama setelah libur beserta softcopy-nya.
·                     posting juga di blog anda 
karya original lebih diutamakan

ini hasilnya...





Gelar Budaya Sedekah Laut Cilacap

Tugas Terstruktur Gambar 2D & Fotografi Digital
Tugas untuk Kelas XI Multimedia 

Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
·                     buat poster tentang "Gelar Budaya Sedekah Laut Cilacap"
·                     buat dengan software pengolah gambar raster
·                     buat dengan ukuran kertas A4
·                     print menggunakan kertas foto
·                     kumpulkan pada waktu pertemuan pertama setelah libur beserta softcopy-nya.
·                     posting juga di blog anda
·                     karya original lebih diutamakan

ini hasilnya....

Kamis, 22 Maret 2012

Cara mengetahui jaringan connec atau tidak dengan internet

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui jaringan kita terhubung atau tidak dengan internet adalah dengan menggunakan comand promt "CMD" 
caranya adalah : (menggunakan winXP)
1. klik star > run > ketik CMD

2.maka akan muncul jendela baru seperti ini
3. setelah muncul tampilan tersebut, ketik "ping (alamat web yang dapat diakses)"
    seperti contoh saya memakai situs facebook, maka ketiklah "ping facebook.com"
4. lau tekan enter.
5.apabila jaringan kita connec , maka akan muncul tampilan seperti ini 
6.tetapi apabila kita belum connec dengan internet yang akan muncul adalah seperti ini

cara mengedit sandiwara radio menggunakan adobe audition

Dasar-dasar Mengedit Audio.Berikut gambaran beberapa aktivitas pengeditan di AdobeAudition 2. Dasar pengeditan ini meliputi bagaimana mengcopy,meng-cut, mem-paste, memotong, dan memberikanefek pada audio. Pengeditan Anda lakukan melalui tampilan gelombang suara file audio Anda.
Sebelum mengedit audio kita harus menyiapkan audionya terlebih dahulu dengan melakukan perekaman suara, setelah itu diedit dengan menghilangkan suara noisenya atau suara yang mengganggu dan juga dapat ditambah volumenya jika suaranya terlalu lemah, serta dapat ditambahkan efek efek suara sehingga audio yang dihasilkan bisa terdengar lebih hidup. Berikut adalah langkah-langkah untuk editing suara pada adobe audition 
Tahap pertama Perekaman Suara1. Merekam suara Berikut langkah-langkah untuk merekam suara menggunakan Edit Waveform View. Langkah pertama adalah mengatur peralatan untuk merekam. Pastikan kabel Mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah diaktifkan. Kemudian membuat file baru dengan menu File > New>.New Waveform Dialog  

Atur settingnya sesuai dengan sumber suaranya dan akhiri dengan menekan tombol OK. Berikutnya Anda dapat memulai merekan dengan menekan tombol Record di bagian bawah layar. Dan hentikan dengan menekan tombol Record sekali lagi. Tekan tombol Record  


Setelah itu Anda dapat menyimpan hasilnya: File > Save As.
Setelah mendapat file suara hasil rekaman tadi, yang harus kita lakukan untuk membuat sebuah sandiwara radio adalah mengedit rekaman-rekaman tersebut.Ada beberapa dasar-dasar editing file suara ,yaitu :
Meng-copy
Agar terlihat gelombang suara, letakkan terlebih dahulu file ke dalam workspace. Klik file audio (sebagai contoh mp3) dan kemudian geser ke dalam workspace.
1. Klik tombol Play.
2. Dengarkan dengan seksama. Untuk menandai penyalinan di posisi tertentu, segera tekan tombol FF8 pada
keyboard Anda sehingga terlihat tanda Marker01.
3. Lakukan lagi langkah kedua untuk melakukan beberapa penandaan sesuai yang Anda inginkan.
4. Klik tombol Stop atau tekan Spacebar pada keyboard Anda.
5. Pilih tombol Time Selection Tool atau tekan tombol S pada keyboard.
6. Range area yang akan disalin dan tekan tombol Ctrl+C pada keyboard.

Meng-cut
Meng-cut tujuannya adalah mengambil suara yang telah di range dan nantinya akan diletakkan (paste) sesuai keinginan. Caranya lakukan hal yang sama seperti langkah ke 1-5 di atas. Kemudian tekan tombol Ctrl+X pada keyboard untuk mengcut.

Mem-paste
Mempaste adalah rangkaian akhir setelah melakukan Copy atau Cut, yaitu meletakkan
range suara tadi ke posisi waveform yang diinginkan. Caranya tekan tombol Ctrl+V pada keyboard. Hasilnya, range suara tadi akan ditambahkan pada posisi tersebut.

Memotong
Untuk memotong bagian suara tertentu, caranya lakukan langkah ke 1-5 di atas. Selanjutnya tekan tombol Delete pada keyboard. Memberikan Efek Suara Untuk memberikan efek suara, lakukan
langkah ke 1-5 sebelumnya. Selanjutnya klik tab Effects dan pilih efek-efek yang ada disitu. Klik dua kali untuk mengaplikasikan efek tersebut. Contoh, pilih efek memperlambat atau Delay.
Ada efek-efek favorit yang dapat Anda gunakan. Pilih tab Favorite :
• Vocal Remove : yaitu menghilangkan suara.
• Fade In : yaitu suara dari volume rendah ke normal.
• Fade Out : yaitu suara yang normal menjadi kecil.
Ada juga beberapa efek yang unik dan tidak asing bagi Anda, yang dapat Anda ciptakan dengan program Adobe Audition 2. Efek ini dapat Anda temukan dalam menu Generate, seperti :
• Bunyi telepon atau DTMF Signals.
• Suara sunyi atau Silence.
• Suara berdesis atau Noise.
• Suara tuts atau Tones.

Menggabungkan Dua atau Beberapa Audio
Anda dapat menggabungkan dua atau beberapa audio atau file suara dengan cara :
1. Impor beberapa audio yang ingin Anda gabungkan.
2. Gunakan Multitrack dengan mengklik ikon Multitrack.
3. Klik dan geser ke dalam workspace. Tekan Spacebar pada keyboard untuk mendengarkan hasil gabungannya. Tekan Spacebar kembali untuk menghentikan.

Mengedit Audio dalam Multitrack
Edit bisa dilakukan dalam mutitrack, meliputi Split, Rejoin, Copy, dan Crossfade.
Split
Split atau memotong klip menjadi beberapa bagian. Caranya :
1. Tekan tombol S pada keyboard.
2. Buat range klip yang akan dipotong.
3. Tekan Ctrl+K pada keyboard.
4. Geser menggunakan Move/Copy Clip Tool.
Rejoin
Rejoin atau menyambung potongan-potongan klip yang berhimpitan. Caranya:
1. Letakkan klip-klip yang akan disambung secara berhimpitan satu sama lain.
2. Pilih menu Clip > Merge/Rejoin Split. Copy
Untuk mengcopy klip yang ada di Multitrack :
1. Pilih klip pada Multitrack untuk Anda  copy menggunakan Move/Copy Clip Tool.
2. Klik kanan dan geser, lalu pilih CopyReference Here atau Copy UniqueHere.
Crossfade
Crossfade yaitu transisi klip audio satu dengan lainnya, sehingga perpaduannya terdengar halus. Cara melakukan Crossfade yaitu :
1. Letakkan dua klip pada track yang berbeda.
2. Letakkan akhir klip pertama secara bertumpukan dengan awal klip kedua.
3. Buat range menggunakan Time Selection Tool tepat pada pertemuan kedua klip.
4. Tekan Ctrl+klik pada kedua klip.
5. Pilih menu Clip > Crossfade. Di sana ada pilihan jenis crossfade yang dapat dicoba, seperti Linear, Sinusoidal, Logarithmic in, dan Logarithmic Out.

Menyimpan Output Editing Audio dalam Multitrack
Anda dapat menyimpan editing audio dalam multitrack dengan format Multitrack Session atau Ses. Simpanlah
dalam format ini karena detail klip di setiap track akan tersimpan, sehingga di kemudian hari Anda masih  dapat melakukan editing. Caranya, pilih menu File > Save Session atau File > Save Session As.

Mengekspor Hasil Editing dalam Multitrack
Editing yang telah Anda lakukan di atas dapat Anda ekspor menjadi format yang Anda inginkan, misal mp3. Caranya :
1. Pilih menu File > Export > Audio Mix Down.
2. Pilih jenis format yang Anda inginkan dalam Save As Type. Klik save.

Membuat CD Audio
Dengan program ini, Anda bisa membuat sebuah keping CD Audio. Tentunya Anda harus memiliki sebuah CD writter yang telah terpasang dalam CPU Anda. Caranya :
1. Klik ikon CD.
2. Impor audio yang Anda inginkan.
3. Klik klip tersebut dan geser ke dalam daftar track.
4. Susun urutan track sesuai selera Anda dengan cara klik klip tersebut dan geser ke atas atau ke bawah.
5. Setelah itu, klik Write CD yang ada di pojok kanan bawah.
6. Pilih Write pada Write Mode, atau lakukan test terlebih dahulu dengan memilih Test & Write.
7. Pilih angka Copies jika ingin membuat beberapa copy atau backup.
8. Terakhir klik Write CD.


Dengan beberapa dasar pengeditan diatas kita bisa melakukan berbagai macam cara editing sebuah file audio seperti sandiwara radio.

Macam-Macam Efect Pada Audio Adobe Audition

A.    Amplitude

Digunakan untuk mengubah amplitudo (tingkat volume) dari file audio atau rentang yang dipilih.

1.      Amplify memberi Anda kesempatan untuk membuat dan mendengar penyesuaian amplifikasi sebagai pilihan melingkar.

2.      Binaural Auto-Panner berfungsi untuk menempatkan spasial audio kiri dan kanan, dalam pola melingkar dari waktu ke waktu. Untuk menyandikan sinyal spasial, baik saluran kiri atau kanan tertunda sehingga suara akan muncul di setiap telinga pada waktu yang berbeda, menipu otak untuk berpikir bahwa mereka berasal dari kedua sisi.

3.      Channel Mixer atau The Channel Mixer memungkinkan Anda untuk mengubah kiri / keseimbangan yang tepat dari bentuk gelombang stereo. Hal ini memungkinkan Anda membuat campuran stereo baru menggunakan hak yang ada dan saluran kiri sebagai sumber masukan. Dengan mengkombinasikan dan membalik saluran, Anda dapat membuat beberapa efek stereo imaging menarik.

4.      Dynamics Processing digunakan untuk merubah Dinamika prosesor bervariasi tingkat output dari bentuk gelombang, berdasarkan tingkat input. Hal ini memungkinkan Anda membatasi atau menekan rentang dinamik suatu sampel sehingga dianggap kenyaringan disimpan di bawah batas yang ditetapkan, atau supaya rentang dinamis secara keseluruhan bentuk gelombang yang disimpan di sekitar tingkat yang sama.

5.      Envelope digunakan untuk  memberi Anda kontrol atas bagian mana dari gelombang Anda diperkuat, dan seberapa banyak. Bagian atas grafik mewakili 100% (normal) amplifikasi; bagian bawah merupakan redaman penuh (diam). 

6.      Hard Limiting digunakan untuk Membatasi memungkinkan Anda untuk secara drastis menipis audio di atas ambang tertentu, sementara meninggalkan semua sampel audio sendirian di bawah ambang batas.

7.      Normalize digunakan untuki menampilkan dialog Normalisasi, yang memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat puncak yang diinginkan yang akan file atau pilihan dibangkitkan. Semua bagian dari gelombang diperkuat pada tingkat yang sama.

8.      Pan/Expand digunakan untuk pan, atau pergeseran, saluran tengah-tengah gelombang stereo. Hal ini juga memungkinkan Anda memperluas atau mempersempit pemisahan stereo kiri dan kanan saluran.

9.      Stereo Field Rotate Efek ini memungkinkan Anda untuk memutar bidang stereo file audio.(Stereo lapangan menunjukkan di mana pada instrumen ruang atau sumber lainnya ditempatkan dalam L / R citra suatu bentuk gelombang stereo) Ini dilakukan dengan memanipulasi grafik Stereo Field Rotasi.



B.    Delay Effects

Digunakan untuk memperkenalkan serangkaian mengulangi atau gema delayer dari sinyal input asli pada interval secara berkala sepaced atau pengguna didefinisikan.

1.      Chorus digunakan untuk menambah kekayaan suara dengan membuatnya terdengar seolah beberapa suara atau instrumen yang dimainkan sekaligus. Chorus adalah cara yang bagus untuk menambahkan tingkat "kehadiran" ke jalur yang ada sekarang. Menggunakannya untuk memberikan efek stereo ke mono sampel (di mana kiri dan kanan saluran yang identik), atau untuk menambah harmoni atau "ketebalan" untuk sebuah lagu vokal.

2.      Delay  digunakan untuk membuat gema tunggal, serta beberapa efek lainnya. Penundaan 35 milidetik atau lebih akan dianggap sebagai gema diskrit, sedangkan yang jatuh dalam kisaran 15-34 milidetik dapat digunakan untuk menciptakan sebuah paduan suara sederhana atau flanging efek. (Efek ini tidak akan efektif sebagai paduan suara yang sebenarnya atau flanging efek dalam menu Efek, sebagai pengaturan penundaan akan tetap dan tidak akan berubah dari waktu ke waktu.)

3.      Dynamic Delay  memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah penundaan lebih dari panjang gelombang. Sebagai contoh, untuk lima detik pertama dari sebuah file audio Anda dapat mengalami keterlambatan 2 milidetik, untuk 15 detik berikutnya Anda bisa mengalami keterlambatan 20 milidetik, untuk 10 detik berikut menunda bisa di 7 milidetik, dan seterusnya.

4.      Echo Fungsi ini menambahkan serangkaian ulang, membusuk gema untuk suara. (Untuk echo tunggal, gunakan fungsi tunda sebagai gantinya).

5.      Echo Chamber Fungsi Echo Chamber dapat mensimulasikan suasana di hampir setiap ruangan. Pengaturan disediakan untuk menentukan ukuran ruangan virtual Anda dan karakteristik permukaan, bersama dengan penempatan mikrofon virtual. Jumlah gema dapat disesuaikan, sampai sekitar 25.000. Perlu diketahui bahwa gema makin banyak untuk menghitung, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk fungsi untuk menyelesaikan.

6.      Flanger Untuk menciptakan efek yang sama dengan sedikit menunda dan pentahapan sinyal pada interval yang telah ditentukan atau acak.

7.      Full Reverb Kendali Reverb, seperti efek Reverb standar, digunakan untuk mensimulasikan ruang akustik. Ini juga konvolusi-impuls berbasis (seperti Reverb standar), yang berarti tidak ada dering, metalik, atau artefak lainnya terdengar buatan. Namun, beresonansi spesifik dapat dicapai jika diinginkan (lihat Warna).

8.      Multitap Delay  dapat digambarkan sebagai kombinasi Delay, Echo, Filter, dan efek Reverb. Sampai  10 keterlambatan unit dapat dibuat, masing-masing dengan keterlambatan mereka sendiri, umpan balik, dan pengaturan penyaringan.

9.      Reverb adalah efek digunakan untuk mensimulasikan ruang akustik, dan terdiri dari refleksi awal dan gema yang begitu erat spasi bahwa mereka dianggap sebagai suara membusuk tunggal. Reverb berbeda dari efek Echo dasar bahwa penundaan tidak diulang pada interval teratur spasi.

10.  Sweeping Phaser Seperti efek Flanger, Phaser memperkenalkan sebuah fase pergeseran-variabel menjadi sinyal split dan recombines itu, menciptakan efek-efek khusus yang dipopulerkan oleh gitaris dari tahun 1960-an. The Phaser Penyapuan menyapu takik atau meningkatkan filter jenis bolak-balik tentang frekuensi pusat.



C.     Filters

Adalah untuk memodifikasi sinyal pada konten frekuensi.

1.      Dynamic EQ  memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah pemerataan atas panjang gelombang.

2.      FFT Filter Sifat grafis dari FFT (Fast Fourier Transform) Filter memudahkan untuk menggambar kurva atau takik untuk menolak atau meningkatkan frekuensi tertentu.

3.      Graphic Equalizer Dengan Graphic Equalizer, Anda dapat meningkatkan atau memotong sinyal pada pita frekuensi tertentu, dan memiliki representasi visual dari kurva EQ secara keseluruhan. Berbeda dengan Equalizer Parametrik, yang Equalizer Graphic menggunakan pita frekuensi preset kontrol untuk pemerataan frekuensi cepat dan mudah.

4.      Graphic Phase Shifter Fase ini shifter Grafika memungkinkan Anda menyesuaikan fase gelombang dengan menambahkan titik kontrol untuk grafik. X-axis (tepi horisontal) dari grafik langkah-langkah konten frekuensi gelombang, sementara itu grafik sumbu y (sisi vertikal) menampilkan derajat fase ke pergeseran, dengan nol derajat tidak mewakili pergeseran fasa.

5.      Notch Filter ini menghilangkan hingga enam pengguna didefinisikan frekuensi, di samping telepon standar nada DTMF. Gunakan penyaring ini jika Anda ingin menghapus band frekuensi yang sangat sempit. Misalnya, Anda dapat menghapus 60Hz hum sementara meninggalkan semua 59Hz dan 61Hz audio tersentuh.

6.      Parametric Equalizer Parametrik digunakan untuk mengedit denda frekuensi dalam suara. Mereka berbeda dari equalizers yang menawarkan sejumlah tertentu dari frekuensi dan bandwidth Q (yang menentukan berapa banyak frekuensi keseluruhan akan dilakukan oleh kontrol, satu frekuensi yang dipilih) di bahwa mereka memberi Anda kontrol terus atas frekuensi, Q, dan pengaturan gain.

7.      Quick Filter pada dasarnya, ini adalah fungsi cepat dan mudah untuk mengubah nada sampel Anda untuk membuatnya lebih menyenangkan telinga.

8.      Scientific Filters menyediakan high-order IIR (Infinite Impulse Response) filter untuk lulus tepat band, band menolak (takik), atau tinggi atau low pass filter.



D.    Restoration

1.      Click/Pop Eliminator bekerja dengan mencari anomali dalam data audio yang dapat ditafsirkan sebagai klik atau muncul (Deteksi), dan kemudian mengganti atau memperbaiki lokasi yang rusak (Koreksi).  Anda dapat memperbaiki seluruh pilihan atau langsung menghapus satu klik jika ada yang disorot.

2.      Clip Restoration dapat menghapus kejadian kejahatan kliping dari bentuk gelombang Anda. Hal ini dilakukan dengan benar-benar "mengisi" segmen terpotong gelombang.

3.      Hiss Reduction secara harfiah mengukir mendesis menjengkelkan dari kaset rekaman, album rekaman (setelah menggunakan Klik / Pop Removal), atau rekaman mikrofon. Ini akan menghapus semua audio di semua frekuensi yang berada di bawah ambang tertentu (yang umumnya lantai tingkat kebisingan atau mendesis). Jika audio memiliki desis latar belakang konstan, maka yang dapat mendesis "kebisingan gated" atau dihapus sama sekali. Setiap audio dalam pita frekuensi lebih keras dari tingkat cutoff akan tetap tak tersentuh.

4.      Noise Reduction secara dramatis dapat mengurangi kebisingan latar belakang dan broadband umum dengan minimal pengurangan kualitas sinyal. Hal ini juga dapat menghapus mendesis tape, mikrofon kebisingan latar belakang, 60 siklus dengungan, atau suara yang konstan di sepanjang durasi gelombang Anda.



E.     Special

Adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan untuk memperkenalkan beberapa effeck pengolahan yang baik inovatif dan liar-n-fangky.

1.      Convolution adalah efek dari mengalikan setiap sampel dalam satu gelombang atau impuls oleh sampel yang terkandung dalam bentuk gelombang lain. Dalam arti tertentu, fitur ini menggunakan satu gelombang untuk "model" suara dari bentuk gelombang lain. Hasilnya dapat bahwa penyaringan, bergema, fase pergeseran, atau kombinasi dari efek tersebut. Artinya, setiap versi disaring dari bentuk gelombang dapat bergema di setiap penundaan, setiap beberapa kali.

2.      Distortion  fungsi CoUse ini untuk menciptakan efek tersebut sebagai pembicara mobil ditiup, mikrofon teredam, dan amp overdrive. 



F.     Time/Pitch

Adalah Pengaruh dalam menu ini untuk digunakan untuk mengubah waktu (diration) dan pitch (nada suara) dari file audio atau kisaran yang dipilih.

1.      Doppler Shifter  untuk menciptakan "terbang dengan" suara yang paling dikenal dari mobil balap oleh atau pesawat terbang. Mari kita gunakan mobil untuk contoh kita.

2.      Pitch Bender  Efek ini bervariasi yaitu pitch sumber audio dari waktu ke waktu. Gunakan grafik untuk "menarik" tempo Anda untuk membuat perubahan tempo halus atau efek, seperti sebuah catatan atau rekaman mempercepat atau memperlambat.

3.      Stretch adalah Perubahan Regangkan efek pitch (frekuensi) dan / atau tempo (durasi) dari sinyal audio. Hal ini juga dapat mengubah pitch atau tempo baik tanpa mempengaruhi yang lain.Misalnya, Anda dapat menggunakan Peregangan untuk transpose lagu ke tombol yang lebih tinggi, atau memperlambat sebuah bagian bawah tanpa mengubah pitch.







Selasa, 20 Maret 2012

CARA MENGETAHUI IP ADDRESS WINDOWS 7


Sebenarnya banyak cara untuk mengetahui IP suatu komputer, bisa melaui  command prompt, melalui status local area connection (  bisa dilihat melalui website http://ip-address.com  ) dan juga bisa menggunakan tools / software dari pihak ketiga. tapi kali ini kami akan menjelaskan cara mengetahui alamat IP melalui command prompt.

Untuk mengetahui IP Address melalui command prompt adalah adalah :
  • Klik Menu Star --> Run
  • Kemudian Ketik cmd lalu enter untuk membuka command prompt
  • Setelah command prompt terbuka, tuliskan "ipconfig" tanpa tanda petik lalu enter 
  • Setelah itu akan muncul IP address komputer Anda disertai Subnetmask, Gateway dan DNS server yang Anda gunakan.
ika Anda berada pada suatu jaringan LAN dan Anda menggunakan koneksi internet yang merupakan hasil sharing dari komputer lain, maka Anda hanya akan menerima IP Address, Subnet, DNS Server dan Gateway jaringan lokal. Anda tidak akan bisa mengetahui IP, Subnet, DNS, dan Gateway dari Internet Service Provider (ISP) Anda. Untuk mengetahuinya anda cukup menambahkan parameter “/all” (tanpa tanda kutip). Jadi perintah lengkapnya adalah “ipconfig /all” 




Sumber : 
http://deny-zulisetiawan.blogspot.com/2011/11/cara-mengetahui-ip-address-komputer.html 


Cara Memberi IP di Windows 7


Windows 7
Untuk memberi alamat IP komputer di Windows 7, ketik network and sharing center ke dalam kotak pencarian di Start Menu dan pilih Network and sharing center ketika muncul.
Kemudian klik pada change adapter settings. 
Klik kanan pada adaptor local area connections anda dan pilih Properties. 

Dalam Local Area Connection properties pilih Internet Protocol sorot Versi 4 (TCP/IPv4) lalu klik tombol Properties. 

Sekarang pilih use following ip address dan masukkan IP yang benar, Subnet mask, dan gateway default yang sesuai dengan setup jaringan Anda. Lalu masukkan alamat utama dan Alternatif dns server anda. alamat dns bisa anda tanyakan ke ISP anda misal ke telkom speedy.
chek pada Validate setting upon exit kemudian klik OK.
Sekarang pilih tombol close. 
Windows 7 akan menjalankan diagnosa jaringan dan memverifikasi koneksi. 
Untuk cek IP Address Anda dapat membuka command prompt dan ketik ipconfig untuk melihat pengaturan adaptor jaringan telah berhasil diubah. 





sumber dan screenshot : howtogeek.com