Jumat, 17 Februari 2012

TUGAS KKPI ( Listyani N absen 20)





Jawablah pertanyaan di bawah ini
Apa yang anda ketahui tentang
1. database
2. database relasional
3. database management system
4. program aplikasi
5. sistem database
6. Data
7. informasi
8. Table
9. Formulir
10. Record
11. Query
12. Field
13. Report
14. Primary Key


Jawaban :
1) Database : kumpulaninformasiyang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. sekumpulan data yang berhubungan dengan secara logika dan memiliki beberapa arti yang saling berpautan.
2) Database relasional : sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.
3) Database management system : Semua peralatan komputer (Hardware+Software+Firmware). DBMS dilengkapi dengan bahasa yang berorientasi pada data (High level data langauage) yang sering disebut juga sebagai bahasa generasi ke 4 (fourth generation language)..
4) Program aplikasi : suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
5) Sistem database : perpaduan antarabasis data dan system manajemen basis data (SMBD). Database yang kompleks dan disertai dengan teknik pendokumentasian dan prosedur manipulasinya akan membentuk Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System – DBMS).
6) . Data : catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatuvariabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra
7) Informasi : pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
8) Table : Berupa tabel yang terdiri dari kumpulan data yang merupakan komponen utama dari sebuah database .Atau dengan kata lain tabel berfungsi untuk menyimpan data. Sebuah tabel terdiri atas field dan record.
9) Formulir : Merupakan data yang berbentuk tabel atau form.
10) Record : Data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.
11) Query : Permintaan yang diberikan oleh user untuk mengambil informasi yang tersimpan dalam database.
12) Field : Tempat memasukkan data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis. Field pada umumnya tersimpan dalam bentuk kolom secara vertical pada tabel .
13) Report : Mencetak data atau informasi dalam bentuk laporan.
14) Primary Key : Field yang berisi data yang unik atau berbeda antar satu record dengan record yang lain.

selesai_

0 komentar:

Posting Komentar